Kenali Bagian dan Fungsi Pulley

Kenali Bagian dan Fungsi Pulley

Kenali Bagian dan Fungsi Pulley

Bagi yang suka dengan memodifikasi motor matic, pasti tidak asing dengan yang namanya pulley atau puli. Sebenarnya, apa itu puli? Seberapa penting komponen ini pada motor matic.

Apa itu pulley?

Puli adalah komponen terpenting dalam motor matic yang berguna untuk memindahkan kecepatan yang sudah sesuai dengan RPM pada mesin secara otomatis tanpa menggunakan gigi transmisi. melainkan menggunakan vanbelt sebagai penghubung atau penerus putaran yang terjadi pada kedua pulley.

Bagian pulley

Pulley sendiri terbagi menjadi dua bagian, yakni depan atau primer dan sekunder atau belakang. Kedua bagian tentunya memiliki fungsi yang berbeda – beda. Berikut penjelasannya.

  1. Puli primer

Pada puli bagian depan berguna sebagai komponen yang bekerja menyalurkan putaran dari mesin menuju bagian vanbelt. Selain itu, puli bagian depan juga berguna untuk mengatur besar kecilnya diameter puli yang berhubungan langsung dengan perbandingan reduksi pada perputaran mesin. Puli juga berguna sebagai pengatur akselerasi pada motor matic Anda.

  1. Puli sekunder

Berbeda dengan pulley bagian depan, puli bagian belakang berguna untuk penggerak roda bagian belakang motor matic. Selain itu, bagian belakang juga berguna untuk penyeimbang akselerasi atau perputaran mesin matic Anda. Puli belakang juga berguna untuk menstabilkan kendaraan, terlebih pada bagian belakang.

Komponen pulley

Adapun komponen pulley lainnya yang perlu Anda ketahui seperti berikut ini.

  1. Roller

Bagian puli pertama adalah roller yang berguna untuk mendorong atau menekan putaran pada puli sehingga roller akan bisa bergerak dan menghasilkan tenaga pada kendaraan Anda.

  1. Gigi pinion

Bagian ini merupakan komponen puli bagian belakang yang berguna sebagai dudukan atau bantalan saat buka tutup puli. Komponen ini cukup penting keberadaannya untuk menjaga kestabilan motor matic Anda.

  1. Rumah roller

Rumah roller bukan hanya bagian puli saja, melainkan juga bagian dari roller itu sendiri. Maka dari itu, perawatannya juga harus berkala agar terhindari dari debu dan kotoran.

  1. Puli bagian luar

Puli bagian ini merupakan bagian terpenting dari CVT karena merupakan pendingin akan ruang sistem tersebut. Untuk perawatan harus dilakukan pembersihan secara berkala dari debu dan air.

  1. Starter clutch

Bagian ini berguna sebagai penggerak awal dalam menghidupkan mesin. Untuk perawatan hanya perlu dibersihkan. Selain itu, Anda bisa mengecek bagian pelor yang ada di dalamnya. Tidak ketinggalan per atau pegasnya.

Perawatan Pulley

Sebenarnya untuk merawat puli sendiri sama halnya dengan merawat bagian CVT. Cara terbaik adalah dengan selalu membersihkan bagian – bagian puli dari kotoran, terlebih saat musim penghujan. Puli yang memiliki tumpukan kotoran akan membuat kerja menjadi terhambat. Parahnya lagi, motor tidak bisa berjalan.

Selain itu, pemberian pelumas juga tidak boleh ketinggalan. Selalu ganti pelumas motor matic Anda setiap 2 atau 3 bulan sekali agar mesin motor berjalan dengan maksimal.

Langkah perawatan terakhir adalah dengan melakukan pergantian apabila ada kerusakan pada puli. Dengan demikian tidak akan berdampak pada bagian mesin lainnya.

Memodifikasi pulley

Banyak yang memodifikasi pulley motor matic dengan mengubah kemiringannya. Padahal perubahan kemiringan puli akan sangat berdampak pada motor matic tersebut. Kebanyakan puli yang ada di pasaran memiliki kemiringan 13° hingga 14,5°.

Perubahan kemiringan puli motor matic akan membuat akselerasi lebih cepat. Sedangkan derajat yang lebih besar akan bisa mencapai top speed. Namun tidak sembarangan motor matic bisa dirubah kemiringan pulinya.

Salah satunya adalah Yamaha Mio lama. Apabila mengubah kemiringan menjadi lebih kecil, yakni 13,5° maka akan mengakibatkan vanbelt mengalami kerusakan. Pasalnya, untuk Mio lama standarnya adalah 14 derajat. Namun Anda bisa menggunakan puli 14,5° dengan vanbelt dari Yamaha Fino

Bukan hanya vanbelt saja yang harus disesuaikan, melainkan juga bagian rumah roller atau biasa dikenal dengan puli kipas. Jadi derajat kemiringan juga harus presisi dengan puli roller.

Namun biasanya untuk membuat motor matic memiliki tarikan yang lebih kencang atau cepat, maka bobot puli depan akan dikurangi. Tapi daripada Anda mengganti spare part bawaan Anda masih bisa menggunakan spare part pabrik.

Caranya adalah dengan melubangi bagian pulley. Hal ini akan mengurangi bobot dari puli menjadi lebih ringan. Dengan begitu, laju motor juga akan semakin kencang.

shares